Google Website Translator Gadget

Selasa, 16 November 2010

Preview World of Warcraft: Cataclysm

Ekspansi terbaru dari World of Warcraft, Cataclysm, akan segera hadir lengkap dengan dua ras baru yang bisa dimainkan, yakni Worgen untuk pihak Alliance dan Goblin untuk pihak Horde. Mungkin Kotakers sudah tidak kaget lagi dengan informasi ini, mengingat setahun belakangan ini, banyak sekali informasi, rumor dan bocoran yang muncul terkait dengan perilisan game tersebut. Lalu apa saja yang akan ditambahkan ke dalam ekspansi ketiga dari salah satu game online ternama ini? Mari kita intip fitur-fitur tambahannya itu.


Sesuai dengan namanya, Cataclysm akan membawa banyak sekali fitur-fitur yang memberikan perubahan yang cukup signifikan. Hal ini tampaknya disebabkan oleh kebangkitan dari salah satu makhluk yang paling menyeramkan di dunia Warcraft, Deathwing, seekor naga hitam besar yang selama ini tidak pernah muncul. Kemunculannya ini telah menyebabkan terjadinya berbagai even yang menciptakan kekacauan tersendiri di geologi Azeroth. Beberapa lokasi tertentu telah mengalami perubahan yang cukup drastis. Darkshore sekarang akan dipenuhi dengan banjir dan Auberdine telah hancur. Sedangkan Azshara sekarang telah terhubung secara langsung ke Orgrimmar. Bahkan lokasi Barren pun telah terpisah menjadi dua, dimana salah satunya merupakan tempat untuk menjalankan quest bagi yang masih berlevel rendah dan satu bagian lagi diperuntukkan untuk yang berlevel tinggi.

Tujuan utama dari ekspansi ketiga ini tentunya adalah untuk memberikan kesempatan bagi gamer-gamer yang baru pertama kali memainkan game tersebut, untuk merasakan bagaimana rasanya memainkan kedua ekspansi yang ada (walau memang sudah mengalami perubahan) dan tentunya bertujuan juga untuk menarik perhatian dan minat dari para gamer yang sudah lama memainkan game ini. Biasanya, bagi gamer yang sudah lama lalu lalang di dunia World of Warcraft, berkunjung lagi ke Kalimdor dan Eastern Kingdom mungkin akan dilihat sebagai suatu hal yang tidak penting. Tapi dengan adanya perubahan drastis, maka tidak heran apabila ada banyak sekali gamer yang langsung berniat untuk mengunjungi tempat tersebut.

Bersamaan dengan perubahan geografis, Cataclysm juga akan meningkatkan maksimal level yang bisa dimiliki oleh gamer, yakni dari 80 menjadi 85. Walau memang agak sedikit aneh kalau dalam sebuah ekspansi yang begitu besarnya, Blizzard hanya memberikan tambahan lima level, tapi Blizzard menjanjikan banyak sekali konten yang akan membuat gamer lupa waktu saat memainkannya. Selain tambahan lima level, kamu juga bisa mengembangkan karakter kamu lebih jauh lagi dengan menggunakan sebuah fitur baru yang disebut dengan Path of the Titans, yang mana akan terhubungkan dengan skill Archeology dan semuanya itu tidak tergantung pada talenta maupun kelas yang kamu gunakan. Bahkan sistem leveling dari guild juga dilaporkan akan mengalami perubahan.

Bisa dibilang, apa yang disediakan dalam ekspansi ketiga ini bukanlah penambahan skill baru atau apapun, tapi lebih kepada memperbanyak dan memperkaya apa yang sudah ada disini dengan dukungan dari tambahan konten baru seperti perubahan beberapa daerah, tambahan dua ras baru dan zona awal, kombinasi ras baru, arena pertarungan baru dan area outdoor PVP baru, serta beberapa area yang memang dikhususkan untuk para gamer yang sudah memiliki level sangat tinggi.

Sekarang kami akan membahas sedikit mengenai dua ras baru yang diperlihatkan disini. Ras pertama adalah ras Worgen, sebuah ras serigala yang kejam dan sangat kuat, dimana umat manusia sudah sering sekali berupaya untuk mendapatkan serta menggunakan kekuatannya untuk menyerang Scourge. Tapi, usaha manusia itu justru menjadi senjata makan tuan bagi umat manusia karena telah muncul sebuah kutukan misterius yang bisa menyebabkan manusia berubah menjadi Worgen. Nah, pada saat kamu memainkan ras baru ini, kamu akan memainkan karakter dari salah satu umat manusia yang telah terkena kutukan tersebut. jurus yang bisa membuatnya kebal terhadap kutukan dan penyakit, bisa mengeluarkan serangan dengan tingkat damage yang bertambah sebanyak satu persen, mendapatkan kemampuan untuk menguliti musuh serta adanya kemampuan untuk membuat kamu mampu bergerak cepat dengan peningkatan kecepatan sebanyak 70%. Tapi perlu diingat, setelah kamu menggunakan jurus peningkatan kecepatan tersebut, kamu membutuhkan waktu tiga menit untuk bisa menggunakannya lagi. Selain itu semua, secara umum semuanya masih tetap sama, hanya saja zona awal permainan mengalami perubahan.

Sedangkan untuk karakter Goblin, kami sangat yakin bahwa Kotakers sudah mengenal karakter Goblin yang sarat dengan warna hijau dan juga terkenal serakah di dunia Azeroth. Sekarang, kelompok ini memiliki kelebihan selain dari hanya sekedar melakukan perdagangan dan mendapatkan keuntungan. Kemampuan tersebut adalah kemampuan untuk menggunakan kemampuan mereka dalam dunia mesin, sehingga memberikan mereka kelebihan tersendiri terutama dalam hal bertarung.

Goblin bisa dimainkan dengan menggunakan semua kelas yang ada, kecuali Druid dan Paladin. Goblin ini bisa mendapatkan diskon yang tinggi untuk barang-barang yang dibelinya. Ada juga kemampuan Better Living Through Chemistry yang akan meningkatkan kemampuan kamu dalam ilmu kimia dengan sebanyak 15. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan dua jurus yang berguna untuk menyerang musuh, yakni Rocket Barrage (berfungsi untuk mengeluarkan roket ke arah musuh) dan Rockey Jump (ilmu yang memungkinkan sang goblin untuk terbang dan keluar dari kondisi yang berbahaya). Kamu juga memiliki jurus Pack Hobgoblin yang bisa memanggil anak buah pribadi kamu yang memungkinkan kamu untuk mengakses bank selama semenit.

Bagaimana dengan jalan cerita? Kamu tidak perlu khawatir karena masing-masing dari dua ras tersebut akan menyajikan dua jalan cerita yang sangat menarik. Worgen misalnya, akan memperkenalkan proses bagaimana caranya kamu berubah menjadi seekor Worgen. Pada saat itu, kamu akan diminta untuk menjalani misi demi misi yang meminta kamu untuk mencari barang, membebaskan para penduduk dari rumahnya serta bertarung dengan sejumlah besar monster-monster. Sayangnya, semua usaha kamu dalam berhadapan dengan Worgen itu justru berakhir dengan diri kamu yang ikut berubah menjadi Worgen juga.

Sedangkan jalan cerita untuk Goblin, mungkin bisa dikatakan sedikit lebih santai dan menyenangkan untuk dimainkan. Salah satu faktornya mungkin terletak pada zona awal tempat kamu memulai permainan. Di awal permainan, kamu bisa menyaksikan sendiri zona yang begitu penuh warna dan sangat indah ini. Konstruksi kota yang begitu indah membuat kota permulaan dari Goblin ini terlihat seperti kota mainan. Bahkan misinya termasuk cukup unik, mulai dari misi mengendalikan sebuah robot dalam arena olahraga, menjebol brankas dan menghancurkan barang-barang yang ada.

Semuanya itu sekarang ada di tangan Kotakers. Apakah kamu ingin mengikuti jalan cerita kelam dari Worgen ataukah kamu ingin menikmati sebuah permainan yang tergolong menyenangkan daripada kelam dengan memainkan ras Goblin? Silahkan tentukan sendiri pilihanmu saat game tersebut dirilis nantinya tanggal 7 Desember 2010. (KotakGame)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar